MENGELOLA BEBAN KOGNITIF DALAM PEMBELAJARAN MULTIMEDIA
Abstract
Kemajuan teknologi informasi menyebabkan banyak perubahan yang mendasar dalam pembelajaran. Diantaranyaadalah e-learning, pembelajaran menggunakan media komputer, pembelajaran jarak jauh dan masih banyak lagi. Umumnyapembelajaran tersebut merupakan pembelajaran mandiri (self learning). Sebagai konsekuensinya diperlukan kontenpembelajaran multimedia yang mampu dan menarik perhatian mengikat pembelajar agar dapat tetap terikat padapembelajaran. Pembelajaran multimedia menjadi suatu kebutuhan yang tidak dapat ditawar lagi. Dalam pembelajaranmultimedia terjadi situasi dimana kata-kata, suara, gambar dan animasi hadir bersama-sama. Hal ini dapat menyebabkanpembelajar mengalami kelebihan beban kognitif dalam upaya mereka mencerna informasi yang disajikan. Dalam mendesainkonten pembelajaran multimedia harus diperhatikan beban kognitif tersebut. Dengan banyaknya perangkat lunak yangmemberikan kemudahan bagi pengajar untuk merancang konten pembelajaran multimedia, maka pengajarpun perlumengetahui cara merancang konten multimedia yang mampu dicerna oleh pembelajar. Paper ini menyajikan beberapa teoridan hasil penelitian tentang cara-cara untuk mengelola beban kognitif dalam pembelajaran multimedia.
Refbacks
- There are currently no refbacks.