IMPLEMENTASI ALGORITMA NEGASCOUT PADA PERMAINAN ANIMAL CHESS

Sebastian Vincent S., Joko Purwadi, Nugroho Agus Haryono

Abstract


Aplikasi permainan berbasis ponsel semakin beragam. Catur hewan merupakan permainan yang memanfaatkan logika kecerdasan buatan. Permainan ini mengandalkan kemampuan berpikir secara logis sehingga diperlukan algoritma yang memanfaatkan teknik pencarian untuk memainkan permainan ini. Dalam penelitian ini, peneliti akan mengimplementasikan algoritma NegaScout. Algoritma NegaScout dapat memotong node–node yang tidak perlu, sehingga proses perhitungan dan pencarian node terbaik bisa dilakukan dengan cepat. Peneliti juga membandingkan dengan algoritma Minimax dan algoritma Alpha-Beta dalam hal jumlah node yang dihasilkan dan lamanya waktu yang dibutuhkan. Melalui penelitian ini, disimpulkan bahwa agen komputer cerdas dengan menggunakan algoritma NegaScout membutuhkan waktu yang lebih cepat dan memotong node lebih banyak daripada algoritma Minimax dan Alpha-beta dalam mencari dan menemukan langkah terbaik dalam permainan Animal Chess.


Keywords


komputer cerdas, animal chess, negascout

Full Text:

PDF

References


Burnett, J. (2010). Discovering and Searching Loosely Coup. Medford: Tufts University.

Chang, H.-J., Tsai, M.-T., & Hsu, T.-s. (2003). Game Tree Search with Adaptive Resolution. Taipei: Academia Sinica.

Luger. (2011, 9 7). CPSC 352 -- Artificial Intelligence -- Class Notes 2011. Retrieved 8 26, 2012, from Trinity College: http://www.cs.trincoll.edu/~ram/cpsc352/notes/

Reinefeld, A. (1983). An Improvement to The Scout Tree Search Algorithm. ICCA Journal Volume 6 No 4 , 4-14.

Russell, S. J., & Norvig, P. (1995). Artificial Intelligence A Modern Approach. New Jersey: Prentice Hall.

Schaeffer, J., & Herik, J. V. (2002). Games, Computers, and Artificial Intelligence, Artificial Intelligence. Amsterdam: Elsevier.




DOI: http://dx.doi.org/10.21460/inf.2013.92.318

Refbacks

  • There are currently no refbacks.