PROGRAM BANTU SISTEM PENYALURAN DONASI NON TUNAI BERBASIS WEB

Jordana Alexandrea, Wimmie Handiwidjojo

Abstract


Masih banyak pihak yang membutuhkan bantuan mengalami kesulitan untuk mencari donatur. Bahkan tidak jarang  bantuan yang diberikan donator kurang tepat sasaran. Pada umumnya, wujud donasi sering dalam bentuk tunai. Bentuk donasi lain yang umum dijumpai adalah natura yaitu berupa barang-barang, sembako, dll. Tetapi yang lebih penting adalah bantuan itu harus tepat sasaran dalam arti bantuan itu sampai pada sipenerima yang membutuhkan dan jenis bantuannya memang sesuai yang dibutuhkan.  Jika tidak maka bantuan tersebut dapat disalahgunakan atau tidak dapat dimanfaatkan secara maksimal.

Program bantu sistem penyaluran donasi non tunai berbasis web berfungsi sebagai jembatan antara pihak donatur dengan pemohon yang disasar secara langsung. Donatur dapat menawarkan donasi berbentuk barang dalam jumlah kecil atau besar yang tidak harus dalam keadaan baru asal masih dalam kondisi baik, sedangkan pihak penerima dapat memposting permintaan donasi yang spesifik.

Hasil dari program ini adalah sebuah sistem yang dapat mempertemukan antara keinginan donatur untuk berderma dengan kebutuhan pemohon akan donasi. Barang yang diberikan atau diminta adalah non tunai dan proses penyerahan dilakukan secara langsung setelah sebelumnya kedua pihak menentukan waktu penyerahan via program ini.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.