PROGRAM BANTU PREDIKSI PENJUALAN BARANG MENGGUNAKAN METODE KNN Studi Kasus: U.D. ANANG

Katon Wijana

Abstract


Dewasa ini ada beberapa perusahaan atau toko yang masih mengalami kesulitan dalam melakukan pengolahan data contohnya dalam studi kasus yang penulis hadapi yaitu toko bahan bangunan U.D. ANANG. Pada proses transaksi di toko ini rata-rata masih dilakukan secara konvensional. Hal ini menjadi kurang maksimal oleh karena sistem pengolahan data hanya dilakukan oleh karyawan dan tanpa sistem komputerisasi sehingga pengelola toko kesulitan dalam memikirkan peluang usaha untuk meningkatkan transaksi penjualan berdasarkan riwayat transaksi.

Pada penelitian ini penulis akan menerapkan metode KNN yang diharapkan dapat membantu perencanaan dalam setiap transaksi penjualan sehingga dengan adanya aplikasi ini toko bahan bangunan ini dapat meminimalkan biaya investasi.

Penelitian ini akan menghasilkan sebuah aplikasi program bantu untuk memprediksi penjualan barang. Aplikasi ini bertujuan untuk membantu karyawan khususnya admin untuk memprediksi jumlah penyediaan barang yang akan diambil dari suppplier dengan acuan transaksi penjualan pada bulan-bulan sebelumnya

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.