PENGELOLAAN PERSEDIAAN BANYAK SATUAN DENGAN RDBMS VISUAL FOXPRO

Katon Wijana

Abstract


Persediaan barang dalam dunia, banyak yang mempunyai satuan yang dapat dikonversi menjadi satuan-satuan yang lebih kecil atau besar. Pada sebuah toko Alat Tulis kantor (ATK) misalnya, pensil dibeli dari supplier dalam satuan Karton, sedangkan ketika dijual bisa dalam satuan Dus yang berisi 12 Batang atau bahkan dijual eceran per Batang. Bukan hanya pensil saja yang mempunyai satuan dapat dikonversikan, tetapi kertas, buku tulis, buku gambar, penggaris, dan sebagainya hampir tiap jenis barang mempunyai beberapa satuan barang.

Dalam Sistem Informasi Berbasis komputer (SIBK), jenis barang dikenal melalui kode barang yang diberikan kepadanya, masalah duplikasi data akan timbul ketika basis data dirancang dengan cara membuat kode barang yang berbeda untuk tiap-tiap satuan barang dengan barang yang sama. Selain itu masalah tersebut, masalah yang sering timbul pada SIBK persediaan barang adalah hak akuratnya data persediaan karena adanya kegagalan yang tidak terduga, misalnya pada saat pencatatan transaksi sudah berhasil tersimpan, tetapi pada saat baris program yang melakukan update stok komputer mengalami gangguan, maka akibatnya data mengenai persediaan barang tidak sesuai dengan data transaksi yang ada.

Dengan melakukan perancangan basis data yang cermat, masalah duplikasi data dapat direduksi, integritas data antar tabel dapat terjaga, serta manipulasi data menjadi tepat sasaran. Integritas data antar tabel dapat terjaga, serta manipulasi data menjadi tepat sasaran. Untuk mengurangi resiko terpotongnya suatu proses, DBMS menyediakan fitur untuk memanggil fungsi secara otomatis ketika terjadi manipulasi data pada suatu tabel, yaitu yang disebut Trigger. Dengan Trigger suatu perintah manipulasi data tertentu akan dapat lebih terjamin keberhasilannya.

 

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.