PROGRAM BANTU PENEMPATAN PERSEDIAAN BARANG SANITER PADA DUA TOKO DENGAN METODE NAÏVE BAYES

Denny Setiawan, Umi Proboyekti, Djoni Dwijana

Abstract


Barang saniter merupakan salah satu macam barang yang dijual di toko bahan bangunan. Jenis barangnya yang bermacam-macam menyulitkan pemilik toko dalam membuat keputusan mengenai penempatan barang tersebut.  Banyaknya faktor dalam penempatan barang seperti jenis barangnya, harga, model dan bahan dapat mempengaruhi keputusan pemilik dalam menempatkan barang.

Solusi untuk permasalahan yang dihadapi dalam menentukan penempatan barang saniter yang tepat yaitu dengan membangun sebuah program bantu penempatan barang saniter yang dapat memberikan rekomendasi tujuan penempatan kepada pemilik toko sesuai dengan informasi yang diberikan dengan menggunakan metode Naïve Bayes. Atribut yang digunakan dalam membuat klasifikasi meliputi jenis barang, harga, model dan bahan dari barang saniter. Dari klasifikasi yang sudah ditentukan maka dihitung nilai probabilitas tujuan penempatan barang tersebut dengan menggunakan metode Naïve Bayes. Output dari program adalah toko tujuan penempatan barang yang memiliki nilai probabilitas yang paling besar.

Hasil dari penelitian ini adalah sebuah sistem penempatan persediaan barang saniter berdasarkan perhitungan probabilitas dengan menggunakan metode Naïve Bayes. Perhitungan probabilitas berdasarkan atribut yang digunakan dalam membuat klasifikasi yang meliputi atribut jenis barang, harga, model dan bahan dari barang saniter. Hasil keputusan akhir dari tujuan penempatan persediaan barang saniter kembali kepada pemilik tersebut.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.