SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN SIGNAL JUAL BELI SAHAM DENGAN MENGGUNAKAN METODE WILLIAMS %R DAN GEOMETRIC MOVING AVERAGE

Tri Handoko, Harianto Kristanto, Umi Proboyekti

Abstract


Investasi saham merupakan salah satu jenis investasi dalam investasi keuangan, bagi para investor yang berinvestasi pada saham merupakan hal yang penting untuk meramalkan kondisi harga saham kedepan untuk mengetahui kemungkinan keuntungan atau kerugian yang diperoleh. Dalam dunia investasi saham peramalan harga saham diterapkan dengan dua pendekatan yaitu peramalan dari pendekatan Teknikal Analisis dan Fundamental Analisis. Dalam tugas akhir ini akan dikembangkan sebuah sistem aplikasi peramalan dari pendekatan teknikal analisis, diharapkan sistem ini dapat membantu para investor sebagai sinyal jual dan beli saham.

Teknikal analisis merupakan suatu metode yang memanfaatkan data historis saham untuk digunakan memprediksi pergerakan harga saham, metode yang diterapkan yaitu metode William %R dan metode Geometrik Moving Average.  Masukan yang diperlukan kedua metode ini berupa kode saham, Open price, Close price, High price, Low price dan volume tansaksi.  Hasil dari kedua metode ini kemudian digabungkan untuk memberikan masukan kepada user sebagai sinyal jual atau beli, hasilnya berupa harga saham hari ke depan dan tindakan apa yang disarankan pada user yaitu Hold, Buy, atau Sell

Hasil dari penerapan kedua sistem ini telah diuji coba untuk memprediksi saham dan dari hasil penerapan tersebut didapat tingkat keakuratan 72% sampai 80%. Jadi dari penelitian ini sistem yang menerapkan kedua metode ini dapat digunakan sebagai pendukung keputusan sinyal jual beli saham.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.