IMPLEMENTASI METADATA SIMPLE DUBLIN CORE DALAM PEMBANGUNAN PROGRAM PENGARSIPAN DATA STUDI KASUS HIMPUNAN MAHASISWA PRODI SISTEM INFORMASI UNIVERSITAS KRISTEN DUTA WACANA

Stephanie Mulyono, Djoni Dwijana

Abstract


Himpunan Mahasiswa Program Sudi Sistem Informasi Fakultas Teknologi Informasi Universitas Kristen Duta Wacana (HMSI) selalu mengadakan berbagai kegiatan setiap tahunnya. Kegiatan-kegiatan tersebut ada yang bersifat rutin, dan ada yang hanya sesekali saja. Dengan adanya kegiatan-kegiatan ini, banyak data yang dapat menjadi referensi bagi kegiatan yang akan diadakan oleh angkatan-angkatan selanjutnya jika diatur dengan baik. Namun demikian, hingga saat ini belum ada sarana teknologi yang dapat menyimpan arsip kegiatan-kegiatan tersebut.

Dengan menggunakan data yang dikumpulkan dari berbagai angkatan pengurus HMSI, maka akan dibangun program pengarsipan data yang dapat menampung data kegiatan-kegiatan tersebut. Program pengarsipan data ini akan dibangun dengan memanfaatkan konsep Metadata Simple Dublin Core. Pada konsep tersebut, setiap data yang masuk ke dalam sistem akan dilengkapi dengan metadata. Secara sederhana, metadata adalah penjelasan mengenai suatu data. Dengan melengkapi suatu data dengan metadata yang sesuai dan kemudian menyimpannya kedalam basisdata, maka dengan program pengarsipan ini, pencarian mengenai data tersebut akan lebih mudah dilakukan.

Data kegiatan HMSI yang telah tersimpan didalam basisdata akan ditampilkan urut berdasarkan waktu. Pengguna yang ingin mencari informasi mengenai kegiatan pada tahun-tahun sebelumnya tidak perlu mencari dan menghubungi pengurus HMSI yang sudah tersebar ke berbagai kota. Dengan adanya program pengarsipan data tentang kegiatan-kegiatan HMSI, maka diharapkan data dapat disimpan dan dipelihara dengan lebih terstruktur.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.