ANALISIS DAN PERENCANAAN STRATEGIS TEKNOLOGI INFORMASI DI PERGURUAN TINGGI DENGAN METODE ZACHMAN (STUDI KASUS DI STT DHARMA ISWARA MADIUN)

Sekreningsih Nita

Abstract


Globalisasi dunia pendidikan menuntut perguruan tinggi untuk dapat mengelola informasi dengan baik, sehingga kebutuhan informasi masing-masing pihak yang berkepentingan dapat terpenuhi dengan cepat dan tepat. Saat ini STT Dhama Iswara Madiunberusaha untuk meningkatkan status akreditasi dengan meningkatkan kualitas dan mutu internal secara berkelanjutan dan menjadikan akreditasi serta aspek lokal sebagai strategi untuk dapat bersaing dengan perguruan tinggi lain. Untuk memperoleh status akreditasi memerlukan komitmen dari pihak perkumpulan (yayasan), manajemen, dosen, karyawan serta mahasiswa. Salah satu komitmen-nya adalah peningkatan kualitas pengelolaan Teknologi Informasi.Makalah ini membahas tentang Analisis dan Perencanaan Strategis Teknologi Informasi di Perguruan Tinggi dengan metode Zachman. Metode Zachman dipilih karena karakteristiknya yang mudah dimengerti dan diaplikasikan.Hasil akhir dari analisis berupa usulan perencanaan yang dapat digunakan sebagai pedoman bagi perencana untuk mengembangkan rencana strategis di bidang Teknologi Informasi yang dapat mendukung visi dan misi organisasi untuk jangka 5 tahun kedepan.


Keywords


Teknologi Informasi , Zachman, STT Dharma Iswara

References


Choldum. M I. (2006). Perancangan Sistem Informasi Akademik dengan Mengimplementasikan ERP, Prosiding Konferensi Nasional Teknologi Informasi & Komunikasi untuk Indonesia.

Christianti, M. & Victor R.I. (2007). Pemodelan Enterprise Architecture Zachman Framework pada Sistem Informasi Fakultas Teknologi Informasi Universitas Kristen Maranatha Bandung, Jurnal Sistem Informasi Vol. 2 No. 2 September 2007 : 113-135.

Fachrurrozi. M. (2009). Peningkatan Fungsionalitas Perangkat Lunak Melalui Restrukturisasi Data: Sistem Informasi Akademik Fakultas Ilmu Komputer Universitas Sriwijaya, Jurnal Ilmiah Generic, Vol. 4, No. 1, p.33-38.

Hendric Leslie Harco Warnars Spits. (2008). Analisa Dampak Investasi Teknologi Informasi Proyek Data Warehouse Pada Perguruan Tinggi Swasta Dengan Metode Simple ROI, Jurnal Informatika, Vol.9 No.2, pp.101-108.

Indrayani, E. (2011). Pengelolaan Sistem Informasi Akademik Perguruan Tinggi Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Jurnal PenelitianPendidikan , Vol. 12 No. 1, ISSN 1412-565X.

Kurniawan, B. (2010). Enterprise Architecture Planning Sistem Informasi pada Perguruan Tinggi Swasa dengan Zachman Framework, Majalah Ilmiah UNIKOM, Vol.9, No 1.

Pereira & Sousa. (2004). "A Method to Define an Enterprise Architecture using Zachman Framework ", Proceedings of the 2004 ACM symposium on Applied computing Pages 1366-1371 , ISBN:1-58113-812-1 .

Vysochin V.S, Pitelinskii V. K. (2009). The Application of a Manufacturing Execution System (MES) to Computer-Aided Planning and Quality Control in College and University Management, Scientific and Technical Information Processing, Vol. 36, No. 6, pp. 323–331.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.