PEMODELAN ARSITEKTUR ENTERPRISE PADA PERUSAHAAN PRODUSEN BULU MATA SINTETIS MENGGUNAKAN TOGAF DI CV.MJM PURBALINGGA

Heribertus Kristianto, Benyamin Langgu Sinaga

Abstract


Kendala di dalam pemanfaatan dukungan teknologi informasi (TI) adalah investasi untuk TI dan sistem informasi (SI) seringkali salah arah dan strategi di bidang TI berjalan tidak selaras dengan strategi bisnis perusahaan.Penelitian ini bertujuan menghasilkan sebuah rancangan blueprint arsitektur enterprise untuk perusahaan bulu mata sintesis khususnya dalam aktivitas bisnis produksi.Metode yang digunakan adalah TOGAF yang bersifat flexible, opensource dan cocok untuk perusahaan yang belum memiliki rancangan arsitektur enterprise.Dalam makalah ini dilakukan analisa TOGAF ADM untuk pembangunan model Enterprise Architecture di perusahaan CV.MJM Purbalingga, sebuah perusahaan produsen bulu mata palsu di daerah Purbalingga.


Keywords


Kendala di dalam pemanfaatan dukungan teknologi informasi (TI) adalah investasi untuk TI dan sistem informasi (SI) seringkali salah arah dan strategi di bidang TI berjalan tidak selaras dengan strategi bisnis perusahaan.Penelitian ini bertujuan menghasilk

References


Aziz, A. (2011). Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian dengan Metode The Open Group Architecture Framework (TOGAF). Institut Pertanian Bogor. Bogor: IPB.

Minoli, D. (2008). Enterprise architecture A to Z : frameworks, business process modeling, SOA, and infrastructure. Florida: Taylor & Francis Group, LLC.

Mitra Jaya Mandiri. (2012). http://www.beautyeyelashes.com/. Retrieved 4 10, 2013, from http://www.beautyeyelashes.com/index.php/2012-12-16-19-17-02/history

Mutyarini, K., & Sembiring, J. (2006). Arsitektur Sistem Informasi untuk Institusi Perguruan Tinggi di Indonesia . Konferensi Nasional Teknologi Informasi & Komunikasi untuk Indonesia. Bandung.

Pemkab Purbalingga. (2010). http://www.purbalinggakab.go.id/. Retrieved 4 10, 2013, from http://www.purbalinggakab.go.id/teknologi-industri/231-industri-rambut-palsu- terbesar-no-2-di-dunia

Pemkab Purbalingga. (2011). http://www.purbalinggakab.go.id/. Retrieved 4 10, 2013, from http://www.purbalinggakab.go.id/teknologi-industri/232-rambut-dan-bulu-mata-palsu- purbalingga-sumbang-pendapatan-tertinggi-indonesia

Rufaida, R. (2012). Perancangan Arsitektur Teknologi Informasi Rumah Sakit dengan TOGAF (Studi Kasus : RSMB). Jurnal Sarjana Institut Teknologi Bandung bidang Teknik Elektro dan Informatika, 1(1).

Setiawan, E. B. (2009). Pemilihan EA Framework. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi, (pp. 114-119). Yogyakarta.

Supriyana, I. (2010). Model Arsitektur Bisnis, Sistem Informasi dan Teknologi di BAKOSURTANAL Berbasis TOGAF. TELKOMNIKA, 8(1), 17-24.

Suryana, T. (2012). Perancangan Arsitektur Teknologi Informasi dengan Pendekatan Enterprise Architecture Planning. Jurnal Ilmiah Unikom Bandung, 10(2).

The Open Group. (2011). TOGAF(R) Version 9.1. The Open Group.

Yunis, R., & Surendro, K. (2009). Perancangan Model Enterprise Architecture dengan TOGAF Architecture Development Method. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi, (pp. 25-51). Yogyakarta.

Yunisi, Surendro, & Panjaitan. (2010). Pengembangan Model Arsitektur untuk Perguruan Tinggi. JUTI, 8(1), 9-18.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.