SISTEM MEDIA SOSIAL FORUM INTERAKSI MAHASISWA DENGAN PENAMBAHAN FITUR FOTO TAGGING

Akhmad Fauzi, Metty Mustikasari

Abstract


Teknologi media sosial di Indonesia saat ini umumnya belum ada  yang menyediakan penyatuan beberapa group akademik perguruan tinggi menjadi kesatuan group dengan adanya pengkategorian topik. Media sosial yang lahir di Indonesia juga masih jarang ditemukan adanya fitur yang menarik seperti foto tagging untuk menambah kenyamanan pengguna khususnya mahasiswa untuk saling berinteraksi. Hal ini mendorong Peneliti untuk merancang dan mengimplementasikan sistem media sosial forum interaksi mahasiswa dengan penambahan foto tagging. Fitur pertemanan dan pengkategorian jurusan mempermudah mahasiswa untuk berbagi informasi. Fitur foto tagging juga dapat mempermudah mahasiswa untuk saling berinteraksi. Selain itu Administrator dapat mengelola seluruh data mahasiswa yang terdaftar sebagai anggota maupun moderator forum. Sistem ini dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman jQuery, PHP dan database MySQL. Pada hasil pengujian blackbox  dihasilkan semua fungsi dari tiap fitur berjalan baik, sedangkan dari hasil evaluasi pengguna dengan menggunakan kuesioner, responden rata-rata menyatakan sangat setuju bahwa sistem memang mudah digunakan, berkualitas, serta bermanfaat. Dengan demikian, peneliti menyimpulkan bahwa sistem media sosial forum ini mempermudah mahasiswa untuk saling berinteraksi dalam berdiskusi seputar informasi akademik maupun non akademik.


Keywords


foto tagging, sistem media sosial, jquery, mysql, php

References


Andreas Kaplan, M. H. (2010). Users of the world, unite! The challenge and opportunities f social media. Diakses pada 13 Maret 2013 dari http://www.sciencedirect/science/ article/pii/ S0007681309001232.

Chi-Yao Tseng, M.S.C. (2011). Photo identity tag suggestion using only social network context on large-scale web services. 2012 IEEE International Conference on Multimedia and Expo, 0:1-4.

Ellis, Mbarnes.S., R. V. S. C. (2009). Forums and wikis and blogs, oh my: Building a foundation for social computing in education. 2012 Frontiers in Education Conference Proceddings, pages 1-2.

Hakim L. (2011). Trik Dahsyat Menguasai Ajax Dengan jQuery. Yogyakarta: Lokomedia.

House, N. V. (2007). Flickr and public image sharing: Distant closeness and photo exhibiton.Diakses pada 13 Maret 2013 dari http://people.ischool.bekeley.edu/ vanhouse/VanHouseFlickrDistantCHI07.pdf.

Kemp, S. (2013). The state social in asia. Diakses pada 13 Maret 2013 dari http://wearesocial.sq/blog/2013/state-social-asia-march-2013/.

Meyfield, A. (2008). What is social media?. Diakses pada 13 Maret 2013 dari http://ebooksoneverything.com /marketing/WhatIsSocialMedia.pdf.

Neal Krawetz. (2012). Looks like it. Diakses pada 13 Maret 2013 dari http://www. hackerfactor.com /blog/?/archives/432 -Looks-Like-It.html.

Riduan, A. (2007). Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. Alfabeta.

R. Pressman. (2001). Software Engineering: A Practitioner’s Approach. R. Pressman.

Suhendar A dan Hariman G. (2002). Visual Modelling Menggunakan UML dan Rational Rose.Bandung: Informatika.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.