PENGEMBANGAN APLIKASI PROTEKSI SERTA OTENTIKASI DOKUMEN DIGITAL MEMANFAATKAN SERTIFIKAT DIGITAL DAN INVISIBLE WATERMARKING

Aji Setiyo Sukarno

Abstract


Semakin pesatnya perkembangan teknologi, berpengaruh pada perkembangan pemanfaatan IT di dunia bisnis. Pertukaran informasi digital dalam dunia bisnis merupakan sebuah kegiatan rutin yang dilakukan, hal ini dipandang lebih efisien dibandingkan menggunakan menggunakan konsep konvensional yang paper base. Namun yang menjadi permasalahan yang dihadapi adalah dokumen digital yang dipertukarkan melalui saluran komunikasi publik seperti internet sangat rawan terhadap ancaman pencurian dokumen dan perubahan oleh pihak-pihak yang tidak memiliki hak pada dokumen digital tersebut, terlebih lagi jika dokumen digital tersebut bersifat penting atau rahasia seperti kontrak, blue print, dan lain sebagainya. Untuk itu diperlukan sebuah metode untuk memberikan keamanan terhadap  dokumen  digital yang dipertukarkan melalui media komunikasi elektronik. Teknik dapat digunakan pada pengamanan dokumen digital diantaranya adalah kriptografi. Tenik kriptografi yang dapat digunakan untuk menjamin keaslian sebuah dokumen adalah tanda tangan digital, dan untuk menjaga kerahasiaan dokumen dapat digunakan teknik enkripsi. Pada paper ini akan dibahas mengenai pemanfaatan seritifikat digital untuk pemberian tandatangan digital dan enkripsi pada dokumen digital, serta pemanfaatan teknik watermarking untuk mencegah pemalsuan atau pengubahan konten dokumen pada saat di transmisikan.


Keywords


kriptografi, tanda tangan digital, watermarking, sertifikat digital, enkripsi

References


Hook, D. (2005). Beginning Cryptography with Java. Indianapolis: Wiley Publishing , Inc.

Jaya, D. (2011). Pemanfaatan Watermarking untuk Pengamanan Multimedia Digital. Jakarta: Seminar fungsional Sandiman, Lembaga Sandi Negara.

Lembaga Sandi Negara. (2007). Jelajah Kriptologi. Jakarta: Lembaga Sandi Negara. Menezes. (1997). Handbook of Applied Cryptography. Florida: CRC Press LLC. Schneier, B. (1996). Applied Cryptography. Canada: John Willey and Sons.Inc.

Scot Craver, e. a. (1999). Resolving Righful Ownerships with Invisible Watermarking Techniques: Limitation, Attack and Implementation.

Stallings, W. (2003). Cryptography and Network Security: Principles and Practices. Prentice Hall.

Sukarno, A. S. (2012). Secure USB Flash Drive Dongle Menerapkan Konsep Two Factor Authentication, Password Base Encryption dan Digital Signature Sebagai Solusi Anti Piracy Software. Konferensi Nasional SIstem dan Informasi. Denpasar: STIMIK STIKOM BALI.

Sukarno, A. S. (2013). Pengembangan Aplikasi Pengamanan Dokumen Digital Memanfaatkan Algoritma Advance Encryption Standard, Rsa Digital Signature Dan Invisible Watermarking. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia.

Tsunoda, K. (2006). Digital Watermarking.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.