IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY DI MUSEUM: STUDI AWAL PERANCANGAN APLIKASI EDUKASI UNTUK PENGUNJUNG MUSEUM

Aditya Rizki Yudiantika, Eko Suripto Pasinggi, Irma Permata Sari, Bimo Sunarfri Hantono

Abstract


Augmented Reality (AR) dikenal sebagai teknologi interaktif yang mampu memproyeksikan objek maya ke dalam objek nyata secara real time. Perkembangan teknologi AR dewasa ini telah memberikan banyak kontribusi ke dalam berbagai bidang. Salah satu implementasi AR di bidang edukasi dan hiburan yaitu pemanfaatan AR dalam museum. Aplikasi AR yang diujicobakan dalam penelitian ini terdiri dari dua jenis, yaitu AR Desktop dan AR Mobile. Pengujian dilakukan dengan melakukan studi aplikasi dan studi pengguna. Pengunjung diminta untuk menggunakan beberapa aplikasi AR yang disediakan. Kemudian reaksi pengunjung diamati untuk menentukan kebutuhan pengguna. Beberapa pertimbangan dihasilkan dari penelitian ini. Metode pelacakan objek dengan jumlah marker yang terlalu banyak dinilai mengganggu tampilan ruang pamer museum. Aplikasi AR Desktop lebih tepat digunakan untuk menampilkan konten informasi secara detail. Sedangkan aplikasi AR Mobile mempunyai keunggulan karena sifatnya yang mudah berpindah. Penelitian ini juga membahas studi lain mengenai jenis konten, pengaruh pencahayaan, dan kesan pengunjung saat menggunakan aplikasi AR.


Keywords


augmented reality, museum, studi pengguna, edukasi.

References


Azuma, R. T. (1997). A survey of augmented reality. Presence, 355-385.

Geroimenko, V. (2012). Augmented Reality Technology and Art: The Analysis and Visualization of Evolving Conceptual Models. Information Visualisation (IV), 2012 16th International Conference (pp. 445-453). IEEE.

Haugstvedt, A. C. (2012). Mobile augmented reality for cultural heritage: A technology acceptance study. Mixed and Augmented Reality (ISMAR), 2012 IEEE International Symposium (pp. 247-255). IEEE.

Lee, D. H. (2007). Augmented reality based museum guidance system for selective viewings.Digital Media and its Application in Museum & Heritages (pp. 379-382). IEEE.

Miyashita, T. M. (2008). An augmented reality museum guide. In . Proceedings of the 7thIEEE/ACM International Symposium on Mixed and Augmented Reality (pp. 103-106). IEEE.

Radu, I. (2012). Why should my students use AR? A comparative review of the educational impacts of augmented-reality. Mixed and Augmented Reality (ISMAR), 2012 IEEE International Symposium (pp. 313-314). IEEE.

S. C.-Y. Yuen, G. Y. (2011). Augmented Reality: An Overview and Five Directions for AR in Education. Journal of Educational Technology Development and Exchange, 119-140.

Siltanen, S. (2012). Theory and applications of marker-based augmented reality. Finland.

Tillon, A. B. (2011). Mobile augmented reality in the museum: Can a lace-like technology take you closer to works of art? Mixed and Augmented Reality-Arts, Media, and Humanities (ISMAR-AMH), 2011 IEEE International Symposium (pp. 41-47). IEEE.

Yin, C. D. (2009). Use your mobile computing devices to learn-Contextual mobile learning system design and case studies. Computer Science and Information Technology, 2009. ICCSIT 2009. . IEEE.

Yuen, S. C.-Y., Yaoyuneyong, G., & Johnson, E. (2011). Augmented Reality: An Overview and Five Directions for AR in Education. Journal of Educational Technology Development and Exchange, 119-140.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.