PENGEMBANGAN SISTEM KLASIFIKASI PAPER OTOMATIS MENGGUNAKAN ALGORITMA BACK PROPAGATION NEURAL NETWORK PADA OPEN JOURNAL SYSTEM (OJS)

Fajar Kurnia Malays, Wiwik Anggraeni, Ahmad Muklason

Abstract


Klasifikasi dokumen sebenarnya adalah permasalahan yang mendasar dan penting, dan berarti memasukkan suatu dokumen tertentu ke dalam kategori yang ada. Metode yang sekarang ada adalah melakukan tugas klasifikasi secara manual. Hal itu dirasa sangat menyulitkan dan melelahkan apabila dokumen yang ada berjumlah ratusan atau bahkan ribuan. Sehingga perlu dibuat sistem klasifikasi dokumen secara otomatis pada suatu permasalahan tertentu, misalnya pada makalah ini adalah pengklasifikasian dokumen pada OJS.

Dalam makalah kali ini, penulis menggunakan algoritma Back Propagation Neural Network untuk memecahkan masalah klasifikasi dokumen. Data dokumen yang digunakan adalah 3 kategori yang diunduh dari jurnal online dengan masing-masing kategori berjumlah 100 dokumen. Untuk pembuatan sistem tersebut digunakan bahasa pemrograman PHP. Hasil menunjukkan bahwa aplikasi klasifikasi dokumen menunjukkan kebenaran pengujian data yang cukup tinggi, yaitu 91-94%. Sistem ini dapat membantu manajer atau pengelola forum (OJS) terutama dalam hal mengklasifikasikan suatu dokumen atau paper yang ada ke dalam kelas yang bersesuaian.


Keywords


Klasifikasi Dokumen, OJS, Jaringan Syaraf, Propagasi Balik

Refbacks

  • There are currently no refbacks.