IMPLEMENTASI SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) METHOD UNTUK MENENTUKAN LOKASI PAMERAN (Studi Kasus: PT. Astra International Tbk-Honda Jayapura)
Abstract
lokasi pameran menjadi salah satu titik keputusan terpenting. Dengan memiliki lokasi
pameran yang strategis, tujuan pelaksanaan pameran produk dapat tercapai.
Penelitian ini dimaksudkan untuk menentukan lokasi pelaksanaan pameran
menggunakan Simple Additive Weighting (SAW) Method, metode ini didasarkan pada
kriteria-kriteria tertentu, kriteria yang akan digunakan sebanyak enam kriteria dan
empat alternatif lokasi pameran. Berdasarkan perhitungan yang dilakukan secara
manual maupun dibuktikan dengan sistem yang dibangun dengan Borland Delphi
mendapatkan hasil yang sama. Namun, keputusan akhir tetaplah berada di tangan
pengambil keputusan. Apakah mengikuti rekomendasi dari sistem ataukah memutuskan
untuk memilih alternatif lain.
pameran yang strategis, tujuan pelaksanaan pameran produk dapat tercapai.
Penelitian ini dimaksudkan untuk menentukan lokasi pelaksanaan pameran
menggunakan Simple Additive Weighting (SAW) Method, metode ini didasarkan pada
kriteria-kriteria tertentu, kriteria yang akan digunakan sebanyak enam kriteria dan
empat alternatif lokasi pameran. Berdasarkan perhitungan yang dilakukan secara
manual maupun dibuktikan dengan sistem yang dibangun dengan Borland Delphi
mendapatkan hasil yang sama. Namun, keputusan akhir tetaplah berada di tangan
pengambil keputusan. Apakah mengikuti rekomendasi dari sistem ataukah memutuskan
untuk memilih alternatif lain.
Keywords
Pameran, SAW, Bobot, Kriteria, Alternatif
Refbacks
- There are currently no refbacks.