MONITORING AND OPTIMIZATION IN COMPUTER NETWORKS SERVICES AT FACULTY OF ELECTRICAL ENGINEERING

Mohammad Fal Sadikin

Abstract


Banyaknya jumlah user adalah Salah satu penyebab berkurangnya kualitas kinerja Infrastruktur Jaringan komputer di Jurusan Teknik Elektro Universitas Gadjah Mada, tidak hanya dalam menyediakan layanan lokal jaringan tetapi juga kurang memuaskan dalam penyediaan layanan internet. Rendahnya kulitas koneksi internet, sering terjadi kegagalan koneksi, nilai latency yang besar, serta kurang memuaskannya layanan-layanan yang dijalankan di atas sistem jaringan adalah beberapa contoh masalah yang sering terjadi pada jaringan ini. Oleh sebab itu pengoptimalan perlu dilakukan untuk lebih memaksimalkan kinerja yang ada saat ini.

Pemonitoran dan pemindaian digunakan sebagai metode dalam menidentifikasi masalah yang ada dan mencoba menemukan solusi dari masalah yang ada dalam tujuan untuk mengoptimalkan kinerja jaringan. Pemonitoran dilakukan dalam waktu satu bulan tertutama pada waktu trafik terpadat yakni pada jam kerja di beberapa gateway dan beberapa VLan penting dengan metode Netwok Tap.

Berdasarkan hasil pemonitoran dan pemindaian, untuk mengoptimalkan jaringan yang ada dibutuhkan beberapa perubahan dalam sistem jaringan, diantaranya adalah perubahan pada ACLs (Access Control Lists), pengoptimalan kinerja Proxy, dan perbaikan pada trafik (manajemen jaringan) yang lebih efisien.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.