ANALISA DAN SIMULASI MOBILE TRACKING PADA CODE DIVISION MULTIPLE ACCESS (CDMA) MENGGUNAKAN LOCATION BASED SERVICE (LBS)

Ikhwan Cahyadi, Uke Kurniawan, Arif Rudiana

Abstract


Location Based Service (LBS) adalah layanan berbasis lokasi yang bersifat real time pada Code Division Multiple Access (CDMA). Pengembangan dan realisiasi teknologi ini belum diterapkan secara optimal oleh operator-operator penyedia jasa layanan telekomunikasi seluler.

Layanan ini berbasis lokasi sehingga memerlukan posisi mobile station dalam penggunaannya. Metode yang digunakan dalam menentukan posisi mobile station adalah metode Time of Arrival (ToA) dengan menganalisa waktu kedatangan sinyal dari mobile station ke Base Transceiver Station (BTS) dan Angle of Arrival (AoA) dengan menganalisa Received Signal Strength (RSS). Dengan metode ToA maka diketahui jarak antara mobile station dengan BTS dan dengan AoA dapat diketahui sudut mobile station terhadap antena BTS yang berupa antena sektoral 120o. Dengan kedua metode tersebut maka dapat diketahui posisi mobile station dengan tepat.

Dari hasi simulasi, setiap penambahan waktu sinyal dari BTS ke MS yang terukur sebesar 1 μs menyebabkan error ToA sebesar 0,0555 km, penurunan frekuensi sebesar 25 MHz menyebabkan error ToA-AoA bertambah sebesar 0,07 km dan penurunan RSS sebesar 1 dB menyebabkan error ToA-AoA bertambah sebesar 0,01 sampai 0,3 km.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.