PENINGKATAN MUTU LAYANAN PADA INSTITUSI PENDIDIKAN MELALUI PENERAPAN SIX SIGMA

Diyurman Gea

Abstract


Tulisan ini bertujuan untuk mengembangkan suatu model peningkatan mutu layanan kepada stakeholder melaluipendekatan Six Sigma. Six Sigma merupakan metode pengendalian proses/kualitas suatu produk atau layanan yang benarbenardibutuhkan dengan biaya yang optimum. Penerapan metode six sigma melalui beberapa tahapan yang biasa disebutDMAIC (Define, Measure, Analyze, Improvement and Control). Salah satu contoh penerapan Six Sigma adalah padalayanan Sistem Absensi Online di BINUS UNIVERSITY, yang berdampak pada penghematan biaya, rantai proses yangsemakin pendek dan peningkatan kepuasan stakeholder. Untuk memudahkan pengukuran proses dan penggambarantahapan IPO (input, process, output) maka dibutuhkan alat bantu dari elemen diagram SIPOC (Supplier, Input, Process,Output, Customer).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.