PENERAPAN ALGORITMA BACKTRACKING PADA PERMAINAN MATH MAZE
Abstract
Permainan Math Maze merupakan game sederhana yang bertujuan menentukan jalur yang tepat untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Permainan ini hampir sama dengan permainan labirin (Maze) biasa. Perbedaannya adalah pada Math Maze kita harus menemukan jalur pada labirin dengan menggunakan angka-angka pada bagian sisi kiri dan sisi atas sebagai indikasi berapa banyak kotak yang dilewati untuk tiap baris atau tiap kolom dan tidak menggunakan tembok penghalang seperti pada labirin biasa. Pada penelitian ini akan dilakukan proses untuk membuat Papan Permainan Math Maze yang bisa dimainkan oleh pemakai dengan menerapkan algoritma Backtracking. Proses Pembuatan papan permainan Math maze itu terdiri dari beberapa langkah yaitu proses Pembangkitan sebuah maze, pencarian solusi dari maze yang sudah di bangkitkan, dan membuat papan permainan Math Maze baru dengan Memanfaatkan maze yang sudah di ketahui solusinya. Papan Permainan Math Maze dengan menerapkan algoritma backtracking dapat menghasilkan 1 solusi untuk setiap problem yang dibangkitkan dan maze yang dihasilkan dengan algoritma backtracking akan menghasilkan maze yang tidak memiliki loop dan ruang terbuang.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.21460/inf.2010.62.89
Refbacks
- There are currently no refbacks.