IMPLEMENTASI CARD DALAM PERANCANGAN PROGRAM BANTU PEMBELAJARAN MEMBACA

Nanik Triastuti, Lucia Dwi Krisnawati, Andronicus Riyono

Abstract


Pada saat ini, komputer merupakan media yang banyak digunakan untuk berbagai macam bidang seperti perbankan, keuangan, manajemen dan bahkan pendidikan. Pemanfaatan teknologi ini sangat baik digunakan untuk anak-anak tetapi masih belum banyak yang memenuhi kebutuhan anak penyandang cacat. Pemanfaatan teknologi komputer digunakan untuk mengembangkan aplikasi program bantu pembelajaran yang memiliki antarmuka yang baik dan mudah dipahami oleh anak dengan kebutuhan khusus. Perancangan dan pengembangan aplikasi dilakukan dengan metode Collaborative Analysis of Requirement and Design (CARD).  Kesimpulan yang diperoleh berdasarkan penelitian dan pengujian antarmuka aplikasi kepada pengguna menunjukkan bahwa penerapan metode CARD dalam pengembangan aplikasi program bantu pembelajaran membaca dapat menghasilkan antarmuka yang baik bagi pengguna dengan kebutuhan khusus. Hal ini ditunjukan dengan tingkat keberhasilan sistem yang mencapai 79,26% dengan hasil uji preferensi sebesar 60% menyatakan aplikasi program bantu pembelajaran membaca baik bagi pengguna dengan kebutuhan khusus. Antarmuka aplikasi ini memberikan pemahaman yang baik dan memberikan kemudahan bagi pengguna dengan kebutuhan khusus dalam menggunakan aplikasi tersebut.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.21460/inf.2010.62.87

Refbacks

  • There are currently no refbacks.