BLENDED LEARNING AND COLLABORATIVE TEACHING IN EFL MEDICAL ENGLISH

Paulus Widiatmoko, Erick Kurniawan

Abstract


Penelitian ini mengkaji tentang penerapan teknologi pembelajaran dengan media online dan pengajaran secara kolaboratif pada mata kuliah Kedokteran Pariwisata yang berfokus pada pengembangan ketrampilan lisan berkomunikasi dengan pasien asing. Hal ini berawal dari kebutuhan akan sebuah model pembelajaran yang mampu memberikan keleluasaan untuk mengakses sumber belajar, mengakomodasi gaya pembelajaran yang berbeda-beda, sekaligus memenuhi kebutuhan perbaduan antara kajian bidang ilmu Kedokteran dan Bahasa Inggris untuk program ESP (English for Specific Purposes).Untuk mencapai tujuan tersebut, sebuah laman website dengan konten media pembelajaran audiovisual dikembangkan, yang dipakai untuk mendukung pembelajaran di dalam dan luar kelas.  Proses pembelajaran juga difasilitasi dengan metode collaborative teaching dimana setiap kelas akan diampu oleh dokter, pengajar bahasa Inggris, dan penutur asing dalam sebuah program pengajaran yang memadukan latihan bahasa dan praktek lab memeriksa pasien asing.  Kuesioner di akhir semester menggambarkan sikap yang positif mahasiswa terhadap tingkat kepentingan mata kuliah tersebut, relevansi pelaksanaannya dan tujuan yang hendak dicapai, dan efektifitas peran koraborasi para pengajarnya. Lebih jauh terungkap bahwa materi online memberikan sumber pembelajaran ekspresi bahasa, intonasi, dan visualisasi prosedur klinis. Akan tetapi uji Statistik menujukkan tidak adanya korelasi antara sikap postif mahasiswa tersebut terhadap pencapaian nilai mereka.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.