MIGRASI APLIKASI MULTITENANCY PADA LAYANAN KOMPUTASI AWAN

Erick Kurniawan, Restyandito Restyandito

Abstract


       Membangun infrastruktur teknologi informasi merupakan pekerjaan yang besar dan membutuhkan banyak sumber daya baik berupa biaya maupun sumber daya manusia. Biaya yang dibutuhkan meliputi biaya pengadaan perangkat keras, lisensi perangkat lunak, biaya pemantauan, pengaturan, dan perawatan infrastruktur. Solusi layanan komputasi awan hadir untuk menjawab masalah tersebut dengan menawarkan berbagai layanan yang dapat digunakan sesuai kebutuhan.

     Proses migrasi dari aplikasi on-premis kedalam layanan komputasi awan menjadi satu masalah yang sering dihadapi oleh pengembang aplikasi. Banyaknya pilihan desain arsitektur multitenancy yang dapat diimplementasikan membuat pengembang menjadi bingung untuk memilih desain arsitektur dan layanan komputasi awan yang tepat.

     Pada penelitian ini akan dievaluasi berbagai penerapan arsitektur multitenancy dan layanan komputasi awan dengan mempertimbangkan faktor kemudahan dalam hal migrasi aplikasi. Diharapkan hasil dari penelitian ini dapat digunakan oleh pengembang aplikasi ataupun perusahaan/instansi yang akan membangun aplikasi multitenancy berbasis layanan komputasi awan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.