SISTEM INFORMASI KLINIK GIGI BERBASIS WEB Studi Kasus: LOTUS DENTAL CARE

Yedija Budiono, Halim Budi Santoso

Abstract


Pemeriksaan gigi merupakan bagian yang penting untuk merawat gigi seseorang. Pemeriksaan gigi di klinik atau rumah sakit dapat membantu untuk mengetahui tingkat kesehatan gigi seseorang. Saat selesai pemeriksaan, pasien hanya mengetahui jenis penyakit dan perawatan yang dilakukan oleh pasien secara lisan dan hasil diagnosa untuk dokter. Pasien akan selalu mengingat hasil diagnosa, catatan dokter, gigi yang diperiksa dan jenis perawatan yang pasien lakukan pada saat itu dan perawatan sebelumnya.

Dalam penelitian ini dibuat program untuk memvisualisasi gigi terhadap hasil pemeriksaan di klinik yang dapat membantu pasien mengerti riwayat giginya lebih informatif. Pasien dapat melihat history giginya, dokter dapat memasukan data diagnosa dan juga dapat melihat history pasien yang diperiksa, front office dapat melakukan registrasi pasien baru dan juga mendaftarkan pasien yang ingin periksa. Visualisasi gigi menggunakan tingkatan warna untuk menunjukan tingkat kesehatan gigi baik atau buruk. Warna hijau menandakan bahwa gigi itu masih sehat, warna kuning gigi itu sudah mulai memburuk, dan warna merah menandakan gigi itu sudah buruk kesehatannya.

Penelitian ini menghasilkan sebuah sistem yang dapat memvisualisasikan hasil dari pemeriksaan gigi pasien, serta menampilkan riwayat gigi pasien untuk setiap gigi yang sama dengan tanggal yang berbeda. Pada sistem akan diketahui seberapa sehat atau buruknya tingkat kesehatan gigi yang digambarkan menggunakan gambar gigi dengan pewarnaan sesuai kesehatan gigi.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.