ANALISIS SENSITIVITAS DAN PENAFSIRAN HASILNYA DI DALAM PEMROGRAMAN LINIER DENGAN PERANGKAT LUNAK MANAGEMENT SCIENTIST VERSI 6.0

Djoni Dwijana

Abstract


Analisis Sensitivitas di dalam Pemrograman Linier memegang peran penting bagi para pengambil keputusan di dalam menghadapi kasus-kasus di dunia nyata yang selalu berubah-ubah. Sebagai contoh adalah perubahan harga beli bahan baku, perubahan permintaan produk, pembelian mesin-mesin terbaru yang mengubah jumlah produksi, berubahnya harga jual produk, pergantian karyawan yang mempengaruhi produksi dan sebagainya.

Analisis Sensitivitas memiliki perhitungan-perhitungan tertentu berupa rumus-rumus yang digunakan untuk memprediksi perubahan-perubahan tersebu t dengan berubahnya koefisien dari fungsi objektif atau sisi kanan dari batasan di pemrograman liniernya. Rumus-rumus tersebut tentunya memerlukan ketelitian dalam menghitungnya sehingga hasilnya dapat diandalkan untuk pengambilan keputusan.

Tetapi pada saat ini rumus-rumus yang digunakan di dalam Analisis Sensitivitas sudah diimplementasikan di dalam perangkat lunak Management Scientist Versi 6.0, sehingga hasil prosesnya dapat langsung diketahui dan jika ada perubahan-perubahan koefisien-koefisien dalam pemrograman linier yang digunakan di dalam rumus tersebut dapat dengan cepat diketahui sehingga pengambilan keputusan dapat dengan lebih cepat diambil.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.