PROGRAM BANTU PEMBERIAN KREDIT MOBIL STUDI KASUS : PT ADIRA DINAMIKA MULTIFINANCE – BALI

Chrisanti Dangu Ngindi, Jong Jek Siang, Wimmie Handiwidjojo

Abstract


Kredit macet merupakan salah satu hal yang paling dihindari oleh perusahaan-perusahaan atau finance yang bergerak di bidang perkreditan, baik itu kredit mobil, kredit motor maupun kredit barang lainnya. PT Adira Dinamika Multifinance merupakan salah satu lembaga instansi yang bergerak dibidang pemberian kredit kendaraan bermotor, dan tidak pernah lepas dari kredit macet. Proses pemberian kredit kepada pelanggan adalah hal yang tidak gampang, karena harus mempertimbangkan berbagai faktor.

Dari masalah tersebut penulis menerapkan aplikasi MCDM (Multi-Criteria Decision Making) untuk membuat Program Bantu Pemberian Kredit Mobil. Studi kasus penelitian ini dilakukan di PT Adira Dinamika Multifinance – Bali, dimana telah memiliki pola kebijakan tersendiri, yaitu menentukan siapa yang berhak menerima yang telah memenuhi syarat Five C, bagaimana karakter pelanggan dalam hal ini identitas(Character), jaminan yang dimiliki untuk menanggung resiko kredit(Collateral), kemampuan yang dimiliki pelanggan seperti pendapatan(Capital), kondisi keuangan, data keuangan pelanggan dalam hal ini seperti rekening tabungan pelanggan memilikinya atau tidak(Condition), dan kapasitas melunasi kredit dalam hal ini pekerjaan(Capacity).

Program bantu pemberian kredit mobil menggunakan metode MCDM (Multi-Criteria Decision Making) akan memberikan alternatif pilihan dan kemungkinan solusi bagi perusahaan untuk memilih pelanggan yang diterima permohonan kreditnya.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.