IMPLEMENTASI MVC PADA SITUS PORTAL PENCARIAN UNIVERSITAS DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Rionaldi Sugiarto, Katon Wijana, Wimmie Handiwidjojo

Abstract


Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan kota pelajar dan memiliki banyak perguruan tinggi. Karena begitu banyaknya perguruan tinggi, akan menyebabkan para calon mahasiswa baru mengalami kesulitan dalam mencari informasi seputar perguruan tinggi di Daerah Istimewa Yogyakarta. Selain itu, setiap perguruan tinggi memiliki program studi yang berbeda-beda.

Oleh karena itu, penulis menerapkan implementasi MVC (Model-View-Controller) pada situs portal pencarian universitas di Daerah Istimewa Yogyakarta. MVC merupakan suatu metode yang digunakan penulis untuk merancang sistem berbasis website. Tampilan (view) website dihasilkan dari pengolahan database yang terdapat dalam model. Proses pengolahan tersebut dengan menggunakan query SQL (Structured Query Language). Agar hasil dari pengolahan database tersebut dapat ditampilkan, maka diperlukan controller untuk menghubungkan model denganĀ  view.

Hasil dari implementasi MVC (Model-View-Controller) pada situs portal ini ternyata dapat membantu calon mahasiswa baru untuk mengetahui perguruan tinggi apa saja yang tersedia di Daerah Istimewa Yogyakarta dan dapat melakukan pencarian perguruan tinggi yang diinginkan beserta peta lokasinya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan MVC sangat berperan penting dalam pembuatan situs portal pencarian universitas di Daerah Istimewa Yogyakarta.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.