EFEKTIVITAS EMAIL UNTUK PEMASARAN

Budi Sutedjo Dharma Oetomo

Abstract


Lebih dari 500 juta orang dan badan usaha telah tergabung di internet. Pada umumnya, mereka telah terbiasa untuk memanfaatkan fitur dan aplikasi yang tersedia di internet, seperti email, mailing list, web, blog dan situs jejaring sosial. Diantara fitur dan aplikasi internet itu yang hampir digunakan oleh setiap orang dan badan usaha adalah email, karena mereka telah memiliki alamat email, bahkan lebih dari satu buah.

Kini, fitur email telah dimanfaatkan untuk kegiatan pemasaran, khususnya promosi dengan biaya yang sangat murah. Namun, tidak semua pemilik alamat email mau menerima email promosi. Selain itu, sejumlah aplikasi email, seperti yahoo.com dan gmail.com juga membatasi jumlah pengiriman email, sehingga kesempatan para pemasar untuk mengirimkan email promosi secara gencar akan terhambat.

Adanya penolakan dari sejumlah pemilik alamat email terhadap email promosi, serta pembatasan pengiriman email promosi pada aplikasi-aplikasi email, maka para pemasar dihadapkan pada persoalan bagaimana mengirimkan email promosi secara efektif.

Untuk mengatasi hal tersebut, maka pemasar jangan meninggalkan media offline agar dapat menumbuhkan minat pemilik alamat email, agar email promosi yang dikirimkan efektif. Selain itu, pemasar harus memastikan bahwa alamat email tujuan benar dan penerimanya memang prospektif untuk mempertimbangkan penawaran yang dikirimkan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.