IMPLEMENTASI WEIGHT SCORING SYSTEM DALAM PEREKOMENDASIAN JUMLAH PEMBELIAN SUATU JUDUL BUKU

Maylina Kurniawati, Yetli Oslan, Umi Proboyekti

Abstract


Dalam bisnis jual beli buku, pengambilan keputusan mengenai jumlah eksemplar buku yang akan dibeli memegang peranan yang penting. Masing-masing judul buku akan memiliki jumlah peminat atau luas pasar berbeda. Untuk memutuskan jumlah buku yang akan dibeli, pimpinan toko buku memiliki beberapa kriteria penilaian seperti kategori buku, jenis buku, penulis, penerbit dan penjualan buku. Kemudian pada setiap kriteria tersebut, dilakukan penilaian berdasarkan tingkat penjualan buku. Supaya hasil penilaian lebih akurat, pimpinan melakukan analisis terhadap data transaksi penjualan buku tahun-tahun sebelumnya. Namun untuk melakukan proses analisis tersebut secara manual dibutuhkan waktu yang lama.

Solusi dalam mengatasi masalah di atas, yaitu dengan membuat suatu sistem pendukung keputusan yang dapat merekomendasikan jumlah pembelian buku berdasarkan data penjualan buku. Untuk menghasilkan rekomendasi tersebut, dilakukan analisis terhadap data transaksi penjualan buku dengan menggunakan metode Weight Scoring System. Pada metode ini, pertama-tama dilakukan perhitungan jumlah record penjualan buku untuk menentukan weight setiap nilai pada setiap kriteria penilaian. Kemudian berdasarkan nilai minimum dan maksimum pembelian yang ditentukan oleh pengguna, sistem akan melakukan perhitungan rating untuk setiap nilai tersebut.

Implementasi metode Weight Scoring System akan menghasilkan nilai-nilai pada setiap kriteria penilaian beserta weight, rating dan score yang dimiliki. Berdasarkan ketiga nilai itulah sistem dapat menghasilkan angka rekomendasi untuk setiap judul buku. Namun berdasarkan uji coba rekomendasi, metode ini menghasilkan rekomendasi dengan prosentase ketepatan rendah. Jadi dari penelitian ini, sistem yang dibangun tidak dapat digunakan sebagai pendukung keputusan dalam pembelian buku.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.