PROGRAM BANTU UNTUK PERENCANAAN PENGAMBILAN MATAKULIAH

Edy Gunawan, Yetli Oslan, Katon Wijana

Abstract


Membuat keputusan dalam menentukan perencanaan pengambilan matakuliah tiap semester merupakan hal yang penting dan sekaligus membingungkan. Menjadi penting karena strategi pengambilan matakuliah yang tepat dapat mempercepat waktu kelulusan, dan membingungkan karena banyak faktor yang menjadi dasar pertimbangan untuk menentukan matakuliah apa saja yang harus diambil. Faktor-faktor tersebut diantaranya yaitu hari dan jam perkuliahan, dosen pengajar, syarat sks maksimal dan pengaruh ajakan dari teman. Dalam tugas akhir ini akan dibangun program bantu yang dapat memberikan keputusan berupa rekomendasi matakuliah prioritas yang dapat diambil terlebih dahulu.

Menentukan matakuliah prioritas dengan memberikan pembobotan tiap matakuliah yang dapat diambil, dimana matakuliah yang direkomendasikan berdasarkan urutan bobot tertinggi sampai terendah. Sebelum proses pembobotan, matakuliah yang ditawarkan sudah melalui proses filterasi yang digunakan untuk menyaring matakuliah yang dapat diambil tiap semester. Dan pada bagian terakhir akan dibentuk tree yang digunakan sebagai visualisasi kombinasi jadwal matakuliah yang ditawarkan dan alternatif jadwal matakuliah yang tidak mempunyai tabrakan jadwal. Masukan yang diperlukan yaitu berupa nim mahasiswa, dan hasil keluaran berupa alternatif jadwal matakuliah yang dapat diambil.

Hasil dari program bantu yang dibuat ini diharapkan dapat membantu mahasiswa dalam mengambil keputusan untuk perencanaan pengambilan matakuliah tiap semester.Selain itu juga akan dilihat ketepatan prediksi matakuliah yang direkomendasikan tersebut.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.