PENGELOMPOKAN MAHASISWA SISTEM INFORMASI BERDASARKAN TINGKAT KOMPETENSI AKADEMIK DENGAN FUZZY K-MEANS

Lusia Febriani, Umi Proboyekti, Budi Sutedjo Dharma Oetomo

Abstract


Pada akhir semester setiap Universitas Kristen Duta Wacana akan memberikan Kartu Hasil Studi(KHS). Namun, KHS hanya dapat memperlihatkan nilai untuk setiap mata kuliah tiap semester dari setiap mahasiswa.Dosen juga hanya dapat melihat tingkat kemampuan akademik mahasiswa untuk mata kuliah tertentu saja khususnya hanya mata kuliah yang diajarkan saja dengan melihat distribusi jumlah mahasiswa untuk setiap nilai.

Untuk itu diperlukan sebuah sistem untuk dapat melihat tingkat kemampuan akademik mahasiswa sesuai dengan parameter yang diinginkan dan yang ingin dilihat. Ketua program prodi(Kaprodi) dan dosen juga dapat melihat tingkat kemampuan mahasiswa sebagai bahan evaluasi untuk tahun ajaran yang akan datang dengan melihat pengelompokan mahasiswa berdasarkan nilainya sesuai dengan parameter yang ingin dilihat.

Pembobotan mata kuliah dengan menggunakan metode Fuzzy K-Means sangat ditentukan oleh nilai dari atribut mata kuliah dan nilai prediksi tiap mata kuliahnya. Proses iterasi atau pengulangan dalam metode Fuzzy K-Means sangat penting dilakukan karena bobot mata kuliah masih sangat mungkin untuk berubah oleh karena itu terus dilakukan pengulangan sampai menghasilkan nilai yang tetap sehingga dapat mempengaruhi tingkat kemampuan mahasiswa karena tingkat kemampuan mahasiswa dilihat berdasarkan nilai mata kuliah yang dikalikan dengan bobot tiap mata kuliahnya sehingga hasil dari pengelompokan tersebut ditentukan oleh bobot tiap mata kuliahnya.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.