SISTEM PEMILIHAN JADWAL MATAKULIAH BERBASIS MOBILE DENGAN METODE AGGLOMERATIVE NESTING DAN MULTI KRITERIA

Vera Tjahyono, Yetli Oslan, Djoni Dwiyana

Abstract


Proses pemilihan jadwal matakuliah dapat menjadi hal yang sangat sulit dan rumit untuk dilakukan oleh mahasiswa karena pada umumnya mahasiswa melibatkan berbagai parameter di dalamnya. Parameter yang digunakan dapat meliputi waktu perkuliahan, dosen pengajar, jumlah sks maksimal yang dapat diambil, dan lain sebagainya. Masalah akan bertambah karena ketidaktahuan mahasiswa mengenai korelasi antara parameter-parameter tersebut dengan nilai yang akan diperolehnya. Hal ini menyebabkan seringkali mahasiswa salah mengambil keputusan dan akhirnya mendapatkan hasil yang kurang atau malah tidak maksimal.

Dalam hal ini, mahasiswa dapat terbantu dengan melihat data masa lalunya. Akan tetapi data masa lalu yang tidak sedikit dapat mempersulit proses analisa. Karenanya, data masa lalu tersebut perlu dikelompok-kelompokkan terlebih dahulu. Proses pengelompokkan data dapat dilakukan dengan banyak cara atau metode. Salah satunya adalah Agglomeratif Nesting (AGNES), yang digunakan dalam penelitian ini. Dalam mengelompokkan data, metode ini menggunakan dissimilarity matrix atau disebut juga matriks ketidaksamaan, yaitu mencari jarak minimum antar data. AGNES akan menghasilkan cluster yang berbentuk hierarki, mulai dari single object sampai menjadi single cluster.

Hasil pengelompokkan tersebut ternyata dapat dijadikan sebagai pengetahuan untuk proses pengambilan keputusan. Karena hasil pengelompokkan tadi adalah data-data di masa lalu yang telah terjadi, maka proses pengambilan keputusan pun akan menjadi lebih akurat. Salah satu metode pengambilan keputusan yang mudah dan cepat adalah perbandingan dengan multi kriteria, yang menggunakan sistem pembobotan kepada masing-masing pilihan yang tersedia.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.