SISTEM INFORMASI KEPEGAWAIAN

Alusia Ivana Valmai, Halim Budi Santoso

Abstract


Pengambilan keputusan yang tepat untuk menentukan siapakah kandidat yang memenuhi kualifikasi lowongan dan memiliki kompetensi dalam bidang pekerjaan tersebut sering kali menjadi hal yang sulit bagi departemen personalia. Hal ini terjadi karena banyak faktor yang perlu dipertimbangkan dalam menentukan apakah kandidat tersebut memenuhi kualifikasi atau tidak. Faktor lainnya ketika proses rekrutmen dan seleksi pegawai calon pegawai belum tercatat secara baik dalam sebuah sistem dan dilakukan secara manual yaitu menyeleksi satu per satu berkas calon pegawai yang memakan waktu lama. Pencatatan hanya dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak bantu, Microsoft excel.

Sistem Informasi Kepegawaian membantu untuk melakukan pencatatan data kandidat pegawai. Selain itu, Sistem Informasi Kepegawaian juga membantu departemen personalia untuk memilih kandidat yang sesuai dengan kriteria yang diinginkan, baik dari pihak departemen personalia dan departemen dimana calon karyawan baru tersebut akan bekerja. Selain itu, Sistem Informasi Kepegawaian dapat digunakan untuk mencatat informasi cuti karyawan, masa berlakunya kontrak karyawan, dan masa pensiun karyawan. Sistem Informasi Kepegawaian merupakan solusi yang dapat digunakan di kantor pusat Andi Offset Yogyakarta untuk membantu operasional Departemen Personalia.

Sistem Informasi Kepegawaian yang dibangun sesuai dengan kebutuhan Departemen Personalia, Andi Offset Yogyakarta ini telah dilakukan User Acceptance Test. Berdasarkan hasil User Acceptance Test tersebut, staff pada departemen personalia dapat menerima hasil pembangunan Sistem Informasi ini. Sistem yang dibangun mampu memberikan rekomendasi berupa keluaran calon pegawai yang telah memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan. Selain itu, Sistem Informasi ini dapat digunakan untuk mengelola data personalia pada Andi Offset, Yogyakarta.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.