PROGRAM BANTU PEMILIHAN PAKAIAN DAN BAHAN BATIK BAGI KONSUMEN DENGAN PENDEKATAN DECISION TREE Studi Kasus : Toko InBATIK

Abet Alpha P, Yetli Oslan

Abstract


Ketepatan pemilihan rekomendasi produk bagi konsumen merupakan hal yang cukup penting

untuk diperhatikan dalam sebuah proses penjualan batik karena seringkali menjadi hal yang cukup sulit ditangani oleh pihak pemilik usaha dan karyawan. Hal ini terjadi karena proses pemilihan

produk yang terbatas pada pengetahuan pemilik usaha dan karyawan serta banyak faktor yang

perlu dipertimbangkan dalam meninjau kriteria produk yang tepat bagi konsumen. Pada akhirnya kegiatan ini membutuhkan waktu yang cukup lama dan rangkaian proses yang sulit, dan seringkali menghasilkan keputusan yang kurang sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Rekomendasi produk melalui sistem diwujudkan dengan cara memberikan beberapa macam contoh rekomendasi berdasarkan inputan kriteria produk pilihan konsumen. Disamping itu, secara

efisien sistem juga dapat menentukan urutan kriteria berdasarkan perhitungan Algoritma C4.5. Algoritma C4.5 mengklasifikasikan data dan membentuk pola dari data transaksi penjualan serta setup data barang baru. Aturan keputusan pengurutan kriteria menurut perhitungan decision tree,

melalui proses learning dengan melakukan perhitungan nilai information gain tertinggi dari setiap atribut.

Penelitian ini akan menghasilkan sebuah sistem yang dapat memberikan rekomendasi produk sesuai dengan kebutuhan konsumen. Dengan adanya sistem tersebut, proses pemilihan produk tidak

berbelit-belit, efisiensi waktu dan hasil rekomendasi akan sesuai dengan harapan konsumen.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.