IMPLEMENTASI WEIGHTED SUM MODEL DAN LEAST SQUARE METHOD DALAM PEMBERIAN NILAI DUKUNG KELAYAKAN PENERBITAN BUKU STUDI KASUS : PENERBIT ANDI

Kristiani Dewi, Umi Proboyekti

Abstract


Penilaian naskah buku merupakan proses penting pada Penerbit Andi. Pihak penerbit harus melakukan penilaian naskah buku sesuai aturan dan standar untuk menentukan nilai dukung kelayakan buku. Nilai tersebut menentukan naskah buku yang layak untuk diterbitkan. Pengambilan keputusan ditentukan oleh beberapa bagian yang menilai naskah. Penilaian dari bagian pemasaran, litbang, keilmuan, dan editorial mengandung nilai tertentu yang digunakan kepala bagian untuk memberikan keputusan akhir. Setiap penilaian didasari beberapa faktor pendukung.  Faktor-faktor pendukung adalah reputasi penulis dan penjualan buku.

Setiap bagian memiliki bobot dan nilai yang perhitungannya menggunakan rumus Weighted Sum Model. Data penjualan disajikan dalam bentuk grafik dan menggunakan Least Squares Method untuk menghitung kecenderungan naik atau turun. Penilaian yang dilakukan meliputi penilaian keilmuan, pemasaran, editorial, reputasi penulis, dan penjualan. Dengan adanya sistem tersebut,  proses pembuatan keputusan dapat didukung dengan data-data yang akurat dan menghasilkan nilai dukung kelayakan naskah buku yang dapat membantu pengambilan keputusan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.