SISTEM INFORMASI PENJADWALAN MATA PELAJARAN SEKOLAH STUDI KASUS : SMKN 1 KALIWUNGU, KAB. SEMARANG

Andhika Galuh P, Umi Proboyekti, Djoni Dwijana

Abstract


Pembuatan jadwal mata pelajaran diSMKN 1 Kaliwungu melibatkanbeberapa syarat dan ketentuan untuk dipenuhi,  hal ini membuat pihak kurikulum sekolah mengalami beberapa kesulitan. Pembuatan jadwal yang dilakukan secara manual membutuhkan waktu yang lama dalam evaluasi dan verifikasi hasil penjadwalan. Alternatif untuk menyelesaikan masalah tersebut dibutuhkan sebuah sistem yang dapat membantu pembuatan jadwal mata pelajaran.

Pembuatan jadwal pelajaran dapat dilakukan dengan menerapkan teori himpunan pada sistem informasi untuk menghindari terjadinya tabrakan pada jadwal.Langkah awal adalah menggabungkan himpunan jadwal hari dengan himpunan mata pelajaran.Hasil dari gabungan himpunan tersebut kemudian diiriskan dengan himpunan guru.  Langkah terakhir adalah memisahkan antara jadwal mata pelajaran khusus dan umum.

Sistem informasi penjadwalan menghasilkan jadwal yang memenuhi syarat dan ketentuan. Otomasi penetapan kelas dan mata pelajaran berhasil memenuhi jumlah jam mata pelajaran dan mengajar guru.Penggantian  jadwal mata pelajaran atau guru mata pelajaran dapat dilakukan tanpa masalah. Sistem Informasimenyajikan informasi yang diperlukan seperti daftar total jam mengajar setiap guru,dan  pemenuhan syarat jumlah dan slot waktu  tiap mata pelajaran

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.