IMPLEMENTASI METODE NAÏVE BAYES UNTUK PENGKATEGORIAN CALON PESERTA KKN STUDI KASUS : CALON PESERTA KKN UNIVERSITAS KRISTEN DUTA WACANA

Herlika Sigalingging, Wimmie Handiwidjojo, Yetli Oslan

Abstract


KKN merupakan salah satu wujud tindak nyata bentuk pengabdian kepada masyarakat pedesaan yang dilakukan oleh beragam latar belakang mahasiswa. Di UKDW terdapat beberapa jenis KKN yang dapat diikuti oleh tiap mahasiswa, diantaranya : KKN Reguler, KKN YKFS (Yogyakarta Kampung Field School), dan KKN Service-Learning. Mahasiswa yang memiliki kemampuan dalam bidang akademik maupun softskills akan dapat menunjang proses KKN berjalan dengan lancar, sehingga tujuan yang ditetapkan dapat tercapai. Masalah muncul ketika proses penerimaan dan pengkategorian calon peserta KKN dituntut untuk memberikan informasi hasil pengkategorian calon peserta KKN yang sesuai dengan jenis KKN dengan cepat kepada calon peserta KKN dan proses administrasi kelengkapan KKN yang dapat memudahkan dari sisi calon peserta KKN maupun pengambil keputusan.

Untuk memudahkan proses administrasi dan pengkategorian calon peserta KKN maka dibutuhkan suatu sistem yang memudahkan pengguna dalam melakukan pendaftaran KKN dan memilih calon peserta KKN yang layak mengikuti KKN  sesuai dengan jenis KKNnya menggunakan metode Naïve Bayes. Metode Naïve Bayes berguna untuk melakukan pengkategorian calon peserta KKN yang sesuai dengan kriteria IPK, total SKS, jenis kelamin, dan kesehatan calon peserta KKN dan kemudian menghitung nilai-nilai tersebut dengan rumus tertentu untuk dijadikan nilai pada jenis-jenis KKN agar calon peserta KKN dapat melihat hasil rekomendasi jenis KKN  dan menentukan pilihannya.

Penelitian ini mampu menghasilkan program yang akan membantu mencari calon peserta KKN yang memenuhi syarat administrasi dan merekomendasikan calon peserta KKN sesuai dengan jenis KKNnya menggunakan metode Naïve Bayes. Program ini dibuat berbasis web agar mempermudah dalam proses pendaftaran KKN secara online  serta memberikan rekomendasi jenis KKN yang sesuai kriteria dari pengambil keputusan. Program membantu pihak pengambil keputusan dalam mengategorikan calon peserta KKN yang sesuai dengan jenis KKN berdasarkan syarat KKN yang ada dan bobot yang dimasukkan..

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.