PROGRAM BANTU BIRO PERPANJANGAN STNK DALAM MENENTUKAN PAJAK STUDI KASUS: BIRO JASA PUTRA PURNAWIRAWAN

Diminis Nora, Jong Jek Siang, Djoni Dwijono

Abstract


Biro jasa putra purnawirawan adalah bidang usaha yang bergerak dalam jasa pembayaran pajak STNK. Pajak kendaraan yang ditangani oleh biro jasa ini adalah pajak STNK tahunan, pajak STNK 5 tahunan, balik nama, dan mutasi. Masalah yang timbul pada biro jasa ini adalah masalah perhitungan pajak yang rumit dan rentan terhadap kesalahan. Disamping itu, pemilik kendaraan seringkali  lupa untuk membayar pajaknya.

Dalam penelitian ini dibangun sebuah program program bantu bagi biro jasa  perpanjangan STNK dalam menentukan pajak. Sistem dapat menghitung pajak tahunan, pajak 5 tahunan, balik nama, mutasi, termasuk denda keterlambatanya. Selain itu, sistem juga dilengkapi dengan fitur sms-gateway yang secara otomatis akan mengirim sms kepada pelanggan sebelum tanggal jatuh tempo pajak, ketika proses pajak telah selesai dan berkas dapat segera diambil. Software yang digunakan untuk membangun fitur sms-gateway pada program ini adalah Ozeki sms-gateway.

Dengan dibangunnya sistem ini biro jasa dapat terbantu dalam menghitung perkiraan biaya yang harus dibayar dengan lebih cepat dan resiko kesalahan perhitungan dapat diperkecil. Serta dengan adanya program ini biro jasa dapat menjaga hubungan dengan pelanggannya. Selain itu masyarakat menjadi lebih tertib pajak, karena sistem dapat mengirim sms peringatan pajak kepada pelanggan yang dalam masa pajak

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.