PERANCANGAN DAN PEMBUATAN DATA WAREHOUSE UNTUK KEBUTUHAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DI BIDANG AKADEMIK

Wiwik Anggraeni, Restia Rezalini P. S, Radityo Prasetianto Wibowo, Rully Agus Hendrawan

Abstract


Informasi mengenai data mahasiswa dan data IPD (Indeks Prestasi Dosen) dibutuhkan oleh seorang koordinator bidang pengajaran di jurusan Sistem Informasi untuk melihat kondisi akademik. Di sisi lain, ITS hanya menyediakan informasi akademik yang berasal dari database yang terpusat di BAAK (FRS Online).

Untuk mengatasi permasalahan tersebut dibangun sebuah data warehouse di Jurusan Sistem Informasi. Data warehouse ini dikembangkan dengan menggunakan Pentaho Business Intelligent Suite. Pentaho adalah sebuah package software opensource yang gratis untuk digunakan dan didistribusikan. Dalam pengerjaan pembangunan data warehouse ini akan melalui proses ETL dan pembuatan Star Schema berupa dimensi-dimensi yang terhubung dengan fact table berupa table peningkatan proses pembelajaran di jurusan Sistem Informasi. Kemudian hasil data warehouse akan dianalisa melalui proses OLAP (On-line Analytical Processing).

Penelitian ini menghasilkan output berupa data warehouse yang siap digunakan dan juga dapat digunakan sebagai inputan system aplikasi dashboard yang akan dibangun.


Keywords


DataWarehouse, ETL, OLAP, Star schema, My SQL, Pentaho

Refbacks

  • There are currently no refbacks.