FORUM KOMUNIKASI ANGGOTA ORGANISASI BERBASIS WEB STUDI KASUS : ORGANISASI FIRE GENERATION

Niko Ardanisatya, Wimmie Handiwidjojo

Abstract


Semakin maraknya organisasi yang bergerak diberbagai bidang seperti: sosial, politik, keagamaan, dan lain-lain ternyata memerlukan media untuk berkomunikasi bagi para anggotanya.  Komunikasi yang dilakukan ada yang bersifat tertutup dan rahasia, ada juga yang terbuka, demikian juga ada yang formal maupun non formal. Namun tidak semua media yang ada dapat mengintegrasikan proses komunikasi dalam sebuah organisasi.

Suatu forum komunikasi berbasis web diharapkan dapat membantu pengurus dan anggota organisasi untuk saling berkomunikasi agar memenuhi persyaratan diatas. Untuk menjawab permasalahan kerahasiaan komunikasi, maka untuk menggunakan forum ini, pengguna harus mendaftar dahulu sebagai anggota. Sementara kewenangan pengguna dalam sistem ini juga dibagi menjadi 3 yaitu administrator, pengurus cabang dan anggota. Hal ini akan membantu dalam menjaga kerahasiaan informasi dalam organisasi karena setiap kewenangan mempunyai hak akses yang berbeda-beda. Dalam forum ini pengguna dapat membuat pesan publik maupun pribadi. Pengguna juga dapat mengirimkan komentar dan balasan pada sebuah pesan, sehingga komunikasi dapat berjalan secara 2 arah.

Forum komunikasi berbasis web yang dibangun diharapkan mampu membantu lalulintas komunikasi dengan berbagai sifatnya antar anggota dan pengurus, dan antar sesama anggota berikut pengaturan topik yang diinginkan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.