INTERNET, INTRANET, EXTRANET: PONDASI e-BUSINESS MENDATANG - perlu ditopang pengetahuan/kesadaran akan Internet Security

Ezekiel A. Setiawan

Abstract


Dalam beberapa tahun terakhir ini pemanfaatan teknologi Internet untuk kegiatan bisnis telah membawa dampak perubahan yang sangat besar terhadap cara ber-bisnis di segala penjuru dunia dan perubahan itu mempengaruhi pula segala elemen dasar bisnis, seperti; produk dan servis, pelanggan, pegawai, supplier, distributor, partner, kompetitor, pendapatan, biaya, dll.
Internet, Intranet, Extranet adalah rantai yang membangun kembali hubungan antara pelanggan, pegawai, distributor, supllier dan mitra bisnis. Semua ini membuahkan kecepatan dan efisiensi yang luar biasa; proses penyediaan produk ke pasar yang dahulu membutuhkan waktu 1 bulan mungkin telah dipangkas menjadi 1 minggu, atau bahkan menjadi hanya 1 hari. Komunikasi dan pertukaran informasi juga dapat dilakukan secara real time dan instant tanpa pembatas seperti; jarak dan waktu.
Singkatnya, Teknologi Internet ini telah memberikan efek positif nyata seperti; merampingkan proses bisnis, komunikasi dan kolaborasi yang lebih baik serta membangun hubungan lebih erat antara pegawai, pelanggan dan mitra bisnis (i.e. distributor, supllier). Hububngan baik ini akan berujung pada daya saing yang semakin besar dan kuat.


Full Text:

PDF

References


Keen, Peter & McDonald, Mark, 2000. The eProcess Edge. Mc Graw Hill.

Martin, Chuck, 1999. Net Future. Mc Graw Hill.

www.norton.com

www.zdnet.com

Lampiran: Virus, dkk. : Sisi Kelam dari Gemerlap Internet - Mari Menjadi Awas dan Siap Menghadapinya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.